Musdes Desa Cawet Kec.Watukumpul Kab Pemalang.

Cawet, Pada hari ini. tepatya Selasa (12/03). BPD (Badan Permusyawaratan Desa ) Bersama tim Penyusun Rpjmdes Desa Cawet melakukan musyawarah di balai Desa Cawet guna membahas RPJMDES (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa).

Kegaiatan MUSDES ini dihadri oleh Bpk.Taufik Saleh Selaku Kepala Desa Cawet, Bpk Danramil, Bpk Slamet Selaku Pendamping Desa,Karangtaruna, Ibu PKK., dan dalam Musdes ini Bpk. Umroni Selaku Camat Watukumpul tidak bisa menghadiri MUSDES di desa cawet dikarenakan Ada rakor di kabupaten Pemalang Sehingga Bpk Camat watukumpul Mewakilkanya Kepada Bpk Nur Samsi Selaku Tapem di Kecamatan Watukumpul.

Musdes pada hari itu di awali dengan Pembukaan Dan dilanjukan Dengan sambutan-sambutan, Adapun Sambutan Yang petama ;

  • Bpk.Eri Muralso Selaku ketua tim penyusun RPJMDES Desa Cawet.
sambutan Tim Penyusun (RPJMDES)
Bpk. Eri Muralso
Gambar 1 : 2

Dalam Sambutannya di jelaskan bahwa sebelum di adakanya Musdes RPJMDES kami sudah Terlebih dahulu sudah melakukan MUSDUS di masing-masing Dusun yang ada di Desa Cawet, Bpk ketua tim penyusun RPJMDES juga menjelaskan bahawa adanya pembangunan fisik dan no fisik adapun Contoh pembangunan fisik Yaitu pembangunan drainase/saluran air di masing-masing dusun. dancontoh Pembangunan non fisik yaitu dilaksanakanya pengajian rutin di setiap tiap dusun.,kiranya itu sambutan ketua tim penyusun RPJMDES ..

Adapun sambutan yang kedua yaitu;

  • Bpk.Taufik Saleh selaku kepala Desa Cawet

Dalam sambutannya ada beberapa poin yang di sampaikan bpk kepala Desa, akan tetapi sepelum poin pertama di sampaikan oleh bapak kepala Desa mengabsensi lembaga Desa yang hadir untuk mengetahui seberapa pedulinya masyarakat khususnya lembaga-lembaga Desa Dalam keikutsertaan lembaga dalam kemajuan Desa tersebut.

Poin pertama yang di sampaikan oleh bpk Kepala Desa yaitu;

  • Saya ucapkan selamat datang dan selamat bekerja karena menurutnya walupun tidak tampak bekerja menggunakn fisik akan tetapi detik ini tanpa kita sadari pikiran kita sedang bekerja dalam rangka merumuskan kegiatan yang akn kita laksanakan bersama selama ( 6 Tahun) kedepan, Ujar pak Kades….

Adapun poin kedua yang di sampaikan bpk. Kepala Desa Adalah sebagi Berikut ;

  • Mengajak Seluruh warga masyarakat khususnya lembaga-lembaga yang ada di desa agar menigktkan kpedulianya terhadap Desanya sendiri . karena desa itu akan maju akan bangit bukan dari, Kepala Desanya itu siapa danPerangkat Desanya Siapa Saja , akn Tetapi Desa itu akan Maju dikala semua ikut meningkatkan rasa kepedulinya terhadap Desa tersebut.
Sambutan Wakil Camat
Bpk.Nur Samsi
Gambar 1:3

Beliau mengatakan bahwa semua kegiatan pembangunan yang akan di laksanakan itu tidak lepas dari Visi Misi Bpk Kades sewaktu dulu masih dalam tahap pencalonan kepala Desa, dan juga tidak lepas dari Visi Misi kabupaten Pemalang.

Untuk Prioritas sebelas (11) desa di Kec.Watukumpul yang sudah melakukan pilkades serentak,Memang ada perubahan untuk RPJMDES yang mana RPJMDES itu sudah mengikut semua kegiatan dari Kepal Desa yang dulu, dan pemrintah Desa yang baru mubgkin akan merubah/menambah rencana kegiatan pembangunan sesuai dengan Visi-Misinya lantas hari ini akan kita bahas bersama dan akan di msukan ke RPJMDES desa. Lalu untuk masa berlakunya yaitu dari 2019 S/d 2024.

Gambar 1:4

Lalu perlu kita cermati sebgai ases demokrasi musyawarah juga tidak peru beradu argumenuntuk mempertahnkan pendapat sendiri tapi untuk kepentingan bersma yaitu tidak lain, untuk memajukan Desa Cawet beserta dengan masyarakatnya .

Sebelum ke agenda berikutnya ada sambutan dari bapak Slamet selau pendamping desa,

Beliau menjelaskan maksud dan tujuan di adakanya musdes adapun yang di sampaikan bapak slamet adalah sebagai berikut;

  • Mengajak masyarakat untuk membantu pemerintah Desa dalam melaksanakan tahapan awal pembangunan, dengan cara menyampaikan informasi/aspirasi pembangunan kepada Demrintah Desa.
  • partisipasi masyarakat dalam tahapan pembangunan Desa salah satunya dengan cara menjujung tinggi gotong royong dalam pembangunan insfatruktur yang bersifat umum.
  • Kami sebagai pendamping mengajak seluruh warga masyarakat agar bisa ikut serta mengwasi seluruh kegiatan Desa dengan cara yang bermartabat, artinya berbicaralah sesuai fakta kenyataan yang sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan, dan tidak semena-mena menyalahka pemerintah desa tanpa fakta/dasar yang jelas.
Rembugan perencanaan lokasi pembangunan
Gambar 1 : 5
  • Pembhasan lokasi yang akan di ajukan dalam musyawarah desa

Adapun agenda senlanjutnya yaitu pemaparan hasil Musdus yang di sampaikan oleh bapak Eri mularso sebagai ketua perumus RPJMDES;

dokumentasi pemaparan hasil musdus
gambar 1:6

Dan adapun hasil MUSDUS dan MUSDES desa cawet:

Hasil Musdes
Gambar 1:7

Untuk Memperkuat dilaksanakan penqndatanganan berita acara pada aagenda MUSDES tersebut:

Dokumentaasi penandatanganan berita acara
Bpk.taufk saleh
gambar 1 : 8
Saksi umum dari perwakilan masyarakat
Bpk,Taryono
Gamabar 1 : 9

dengan ini di sertakan berita acara :

Gambar teks berita acara
1 : 10

Berita acara ini di buat guna sebagai bukti bahwa Desa Cawet telah melakukan MUSDES untuk priode 2019.

Dan dengan di tanda tanganinya berita acaranya bahwa acara musdes Desa Cawet Teah selesai dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.