REHABILIATASI BAGI RUMAH TAK LAYAK HUNI DAN JAMBANISASI

Rumah warga yang direhabilitasi yang berada di Dusun Sipedang
Rumah warga yang direhabilitasi yang berada di Dusun Sipedang

Keberadaan rumah yang tidak layak huni masih menjadi permasalahan di Desa Cawet. Memiliki suatu rumah yang layak huni dapat meringankan beban warga yang tinggal di tempat tersebut. Dalam rangka mewujudkan tempat tinggal yang layak huni dan nyaman bagi warga tak mampu, Pemerintah Desa Cawet menyelenggarakan rehabilitasi bagi rumah warga yang tak layak huni dan jambanisasi di beberapa rumah warga Desa Cawet. Program ini dilaksanakan pada bulan November dengan jumlah rumah yang direhabilitasi sebanyak 2 rumah. Kediaman warga yang direhabilitasi atas nama Bpk. Subagyo yang berasal dari Dusun Sipedang dan kediaman Bpk. Busyaeri yang berasal dari Dusun Kramat. Program pembangunan RTLH merupakan program dari pemerintah dari Kabupaten Pemalang yang diamanatkan pada tiap – tiap desa untuk merenovasi rumah yang tak layak huni.

RTLH dan jambanisasi 1

Selain program tersebut, Pemerintah Kabupaten Pemalang juga mengisyaratkan untuk melakukan program jambanisasi pada rumah – rumah yang belum memiliki jamban yang layak. Di Desa Cawet sendiri program jambanisasi dilakukan pada 10 kediaman warga. Rumah warga yang mendapatkan bantuan program jambanisasi tersebar di 3 dusun. Dusun Kramat mendapat bantuan dari pemerintah Desa Cawet sebanyak 4 rumah yaitu kediaman Bpk. Muslim, Bpk. Tadirin, Bpk.Tahid, dan Bpk. Rasman, sedangkan pada Dusun Sipedang mendapat bantuan dari pemerintah Desa Cawet sebanyak 4 rumah yaitu kediaman Bpk. Subeghi, Bpk. Daryat, Bpk. Dasman, dan Bpk. Rasidi serta Dusun Karangsempuh mendapat bantuan dari pemerintah Desa Cawet sebanyak 2 rumah yaitu kediaman Bpk. Sono dan Bpk. Salimin.

                Perilaku hidup bersih dan sehat semestinya perlu diterapkan dimasyarakat untuk menciptakan hidup bersih. Pentingnya hidup bersih merupakan cara untuk mencegahan dari berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu dengan ada sarana dan prasarana yang layak seperti ketersediaan air bersih, jamban, tempat sampah, sarana pembuangan air limbah, ventilasi dan lantai rumah. Hal ini semestinya juga diterapkan oleh warga, seperti pembuatan jamban merupakan salah satu contoh dari perilaku hidup bersih dan sehat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *